Yuk! Kunjungi Tempat Healing Hits di Wonosobo

Source: Indiffs
Source: Indiffs

Jika kamu sedang mencari tempat healing di Wonosobo, ada beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tempat wisata yang hits seperti di Wonosobo. Salah satu Kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki keindahan alam yang mempesona.

Tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang untuk menikmati keindahan alam Wonosobo.

Selain itu, Wonosobo memiliki destinasi wisata alam mulai dari gunung, air terjun, kawah, dan telaga. Beberapa rekomendasi tempat healing di Wonosobo ini  wajib kamu coba salah satunya.

Rekomendasi Tempat Healing di Wonosobo

Berikut beberapa rekomendasi tempat healing di  Wonosobo, di antaranya:

1. Kawah Sikidang

Tempat healing di Wonosobo ini cukup populer. Terletak di kawasan kawah Dieng, tempat healing ini menyajikan fenomena alam yang menakjubkan.

Kawah Sikidang ini termasuk populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara. Kawah ini memiliki luas sebsar 200 meter.

Kawah ini juga memiliki aktivitas vulkanik yang masih aktif. Jadi, jika kamu ke sana harap berhati-hati.

  • Harga tiket: Rp10.000.
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB.
  • Lokasi: Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

2. Bukit Sikunir Dieng

Buat kamu pecinta sunrise, jangan lewatkan untuk datang ke Bukit Sikunir Dieng. Salah satu wisata alam di Dieng ini memiliki golden sunrise yang terbaik se-Asia Tenggara.

Namun untuk dapat melihat sunrise yang indah ini kamu harus bendaki bukit setinggi 2.300 mdpl pada pukul 04.00 – 05.00 WIB.

Jarak yang ditemuh sekitar satu jam jika kamu berjalan santai sambil menikmati alam sekitar. Namun semua itu akan terbayarkan ketika melihat sunrise di puncak bukit ini.

Jika cuaca sedang cerah kamu bisa melihat pemandangan delapan gunung yang mengelilingi bukit ini. Delapan gunung itu di antaranya, Gunung Slamet, Gunung Lawu, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Prau, dan Gunung Sindoro.

  • Harga tiket: Rp15.000 per orang.
  • Jam buka: 02.00 – 18.00 WIB.
  • Lokasi: Desa Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo Jawa Tengah.

3. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin atau Batu Pandang Dieng terletak di kawasan Dieng ini menyuguhkan pemandangan alam dengan nuansa yang sejuk dan asri.

Ketika berada di puncak, kamu akan menyaksikan pemandangan alam yang mempesona. Di sekelilingnya terlihat deretan pegunungan nan hijau yang menyejukkan mata.

  • Harga tiket: Rp 10.000
  • Jam buka: 06.00 – 17.30 WIB.
  • Lokasi: Jalan Dieng KM.2, Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

4. Lubang Sewu

Destinasi wisata yang satu ini memiliki keunikan tersendiri, karena memiliki kemiripan dengan Grand Canyon di Arizona, Amerika.

Ketika berkunjung ke sini, kamu akan melihat pemandangan batu-batu yang tersusun rapi. Kamu juga bisa duduk di atas batu.

Uniknya bebatuan ini hanya akan muncul pada saat kemarau saja. Karen ajik amusim hujan bebatuan ini ini akan tergenang air Waduk Wadaslintang.

Tempat wisata ini terbentuk dari tebing dan batu karang yang banyak memiliki banyak lubang yang kemudian di sebut Lubang Sewu yang artinya ‘Lubang Seribu’.

  • Harga tiket: Rp5.000.
  • Jam buka: 24 jam.
  • Lokasi: Jurutengah, Erorejo, Kec. Wadaslintang, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

5. Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi, menjadi salah satu destinasi wisata yang berada di dataran tinggi Dieng. Jaraknya sekitar 16 KM dari Dieng.

Kebun Teh Tambi memiliki luas 830 hektar dengan ketinggian 800 – 1.400 mdpl. Dengan udaranya yang sejuk pesona kebun teh ini memiliki hamparan kebun teh hijau yang menyegarkan mata.

Akan nampak lebih indah jika kebun teh ini diselimuti kabut. Akses menuju ke tempat healing ini mudah dijangkau oleh kendaraan loh!

  • Harga tiket: Gratis.
  • Jam buka: 24 jam.
  • Lokasi: Sawah, Tlogomulyo, Kec. Kertek, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Nah, itulah tempat healing di Wonosobo yang wajib kamu kunjungi salah satunya saat liburan tiba. Jangan lupa untuk datanglah bersama teman atau keluarga.***

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Posts

2 komentar

  1. Wah aku belum pernah ke Wonosobo, bisa menjadi acuan nih kalau mau kesana hehe

    BalasHapus
  2. Kebun Teh Tambi ini memang recommended mbaa, baik buat di kunjungin sendiri maupun direkomedasiin ke teman-teman yang butuh tempat untuk healing... hamparan kebun teh hijaunya itu bukan cuman buat mata jadi segar tapi hati pun jadi adem..

    BalasHapus

Posting Komentar