7 Makanan Terkenal di Dieng yang Banyak Diburu Wisatawan

 Jalan-jalan ke tempat wisata Dieng, rasanya belum lengkap jika belum mencicipi makanan khas daerah dataran tinggi di Wonosobo ini.

Ternyata tempat wisata tersebut banyak terdapat makanan khas yang belum banyak dikenal. Selain rasanya yang lezat, harga dari makanan ini cukup ramah di kantong, loh!

Jadi, jangan sampai melewatkan untuk mencoba makanan khas Dieng ini. Dari makanan ringan hingga makanan berat yang cocok dikonsumsi di tengah sejuknya udara Dieng.

Apa Saja Makanan Khas Dieng Wonosobo

Rekomendasi makanan khas Wonosobo ini wajib kamu coba:

1. Mie Ongklok

Mie Ongklok merupakan mie ayam khas Wonosobo. Namun yang berbeda dari mie ayam ini disajikan dengan sate ayam atau sate sapi. Seporsi Mie Ongklok dibanderol mulai dari Rp16.000.

Selain itu Mie Ongklok akan menjadi lebih nikmat jika disantap dengan bumbu kacang dan taburan bawang goreng yang kruncy.

https://www.jihanmayzura.my.id/
Sumber: Notif Indonesia/ Mie Ongklok

2. Nasi Megono

Kuliner khas Wonosobo ini disebut juga Sego Megono yang terdiri dari nasi, ikan teri, sayur kol, dan kacang panjang. Ditambahn dengan bumbu ebi yang membuat makanan ini tak kalah nikmat.

Seporsi Nasi Megono seharga Rp2.500 hingga Rp3.000. Biasanya kuliner khas Wonosobo ini dijadikan bekal bekerja oleh masyarakat setempat.

Sumber: cookpad.com/ Nasi Sego

3. Soto Golak

Kuliner yang satu ini terbuat dari singkong yang dipotong seperti kentang lalu digoreng. Kemudian singkong ini disajikan bersama soto sapi. Biasanya seporsi Soto Golak dibanderol Rp20.000.

Agar lebih nikmat Soto Golak ditambah soun, tauge, kacang tanah, seledri, potongan daging sapi, dan bawang goreng. Biasanya dihidangkan bersama lontong atau nasi.

https://www.jihanmayzura.my.id/
Sumber: Klik Indonesia/ Soto Golak

4. Tempe Kemul

Makanan khas Wonosobo yang satu ini biasanya disantap bersama Mie Ongklok. Sekilas Tempe Kemul mirip dengan Tempe Mendoan.

Kuliner khas Wonosobo satu ini dibuat dari tepung terigu, tepung beras, dan tepung kanji. Lalu diberi daun kucay, dan bumbu kunyit kemudian digoreng. Harga satu buah Tempe Kemul Rp500 saja. Murah bukan!

https://www.jihanmayzura.my.id/

5. Geblek

Makanan khas Wonosobo yang satu ini cukup unik namun rasanya tak kalah enak dari yang lainnya. Geblek terbuat dari tepung tapioka yang dicampur daun kucay ditambah bumbu khas daerah Wonosobo.

Bentuknya seperti cireng hanya saja ditengahnya bolong seperti donat. Rasanya pun mirip cireng sedikit kenyal dengan rasa yang gurih dan disajikan bersama cabe rawit merah. Harga sebungkus Geblek dibanderol Rp25.000.

https://www.jihanmayzura.my.id/
Sumber: cookpad.com/ Geblek

6. Carica

Carica merupakan pepaya gunung khas Wonosobo yang tumbuh subur di dataran tinggi Dieng. Bentuknya kecil dan disajikan dalam bentuk cup ukuran kecil yang dibanderol Rp4.000 per cup.

Cita rasa Carica tak kalah enak dari pepaya, rasanya manis dan asam. Buah Carica hanya tumbuh di daerah dataran tinggi Dieng. Namun sudah banyak yang menjual Carica di luar Kota Wonosobo.

https://www.jihanmayzura.my.id/
Sumber: katadata.co.id/ Carica

7. Kacang Dieng

Makanan khas Wonosobo yang satu ini terbuat dari kacang tanah yang dicampur dengan bumbu rempah kemudian dipanggang.

Nama lain dari kacang ini yaitu Kacang babi, dikarenakan bentuknya yang lebih besar dibanding kacang pada umumnya.

Sebungkung Kacang Dieng dibanderol Rp22.500. Kacang Dieng menjadi favorit wisatawan dan sering dijadikan sebagia oleh-oleh.

 

https://www.jihanmayzura.my.id/
Sumber: carica.id/ Kacang Dieng

Rekomendasi beberapa makanan khas Wonosobo ini wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke sana. Akan kurang lengkap ketika mengunjungi Dieng namun tidak mencicipi makanan khas dataran tinggi tersebut.***

Related Posts

18 komentar

  1. Ah jadi ingat makan mie ongklok malam-malam di Dieng. Pas banget buat menghangatkan badan dari udara yang super dingin. Tempe kemul juga favorit banget tuh, apalagi kalau baru digoreng. Mantaaap. Kalau carica mah buat oleh-oleh pastinya

    BalasHapus
  2. unik-unik ya nama makanannya, belum pernah ke sana tapi pernah icip carica, rasanya unik. Penasaran gimana ya rasanya mie ongklok, mie yang lebih enak disantap dengan bumbu kacang hmmm

    BalasHapus
  3. beberapa makanan khas yang bikin rindu ingin ke jateng, wonosobo. Dulu kenal sego megono pas tinggal di magelang. Sekarang, jadi penasaran pengen soto golaknya, kayak apa gitu rasanya, hhe

    BalasHapus
  4. jadi penasaran ama Soto Golaknya, sepintas mirip sup ubi kalau di Sulawesi nih.
    naahh ada Geblek juga ya, mirip salah satu cemilan khas Sulawesi Tenggara juga nih, di sini namanya tuli-tuli terbuatnya dari ubi kayu (singkong) kalau ndak salah, bentuknya juga kayak angka 8 gitu, makannya dicocol dengan sambal, duuuh jadi lapar dah.

    BalasHapus
  5. Tempe ditepungi kan ya tempe kemul itu, lucu namanya, aku suka geblek, enak, gurih, penasaran mie ongklok dan soto golak, belum pernah incip

    BalasHapus
  6. Aku beberapa kali ke Dieng untuk wisata. Sayangnya belum pernah coba makan mie ongkos. Lainnya pernah sih. Apalagi Carica...pasti beli buat oleh-oleh

    BalasHapus
  7. Aku beberapa kali ke Dieng untuk wisata. Tapi belum pernah coba mie ongklok. Lainnya udah semua. Apalagi Carica..pasti beli buat oleh-oleh.

    BalasHapus
  8. Nama-namanya banyak yang unik dan juga memang belum terlalu familier bagi telinga saya. tapi ini bisa jadi branding Dieng dengan keunikan nama-nama kulinernya ini, seperti Soto Golak.
    Btw harganya terjangkau ya. Jadi penasaran dengan rasa-rasanya. Mudah-mudahan suatu saat bisa traveling ke Dieng

    BalasHapus
  9. Pas baca Mi Ongklok, auto keinget pas ke Dieng menyengaja banget buat nyari kuliner ini, saking penasarannya. Terus kalau Geblek, saya malah tau (dan saya anggap) itu khas dari gunung kidul.

    BalasHapus
  10. Kalau ke Dieng jadi gak bingung mau makan apa. Tertarik sama nasi Megono, enak tuh buat sarapan.

    BalasHapus
  11. Kalau melihat penampakan mie ongklok jadi berselera buat makan. Kuahnya itu loh berwarna dan ada tusukan sate pula, jadi penasaran untuk dicoba. Keknya itu agak pedas ya kak rasanya?

    BalasHapus
  12. Jadi laper ketika melihat Mie Ongklok yang terlihat menggoda. Udara dingin Dieng cocok banget menghabiskan Mie Ongklok. Sedaap nyeruput kuah dan menikmati mienya.

    BalasHapus
  13. Kayaknya belum pernah nih nyobain Mie Ongklok. Tentu penasaran dengan makanan kekayaan Indonesia ini. Lha Dieng juga belum pernah ke sana. Hehe.. mudah-mudahan nanti bisa ke sana lah

    BalasHapus
  14. Baru tau itu namanya Geblek. Tapi, kok kenyal? Bukannya itu digoreng ya seperti kerupuk??

    Kalau Carica kebetulan abangku bawa karena baru pulang liburan dari Dieng sama keluarganya sebelum Pemilu. Jadi pengen kulineran di Dieng deh*

    BalasHapus
  15. Pas bener membaca ini jelang jam makan siang. Rasanya bisa deh memakan tujuh kuliner khas Dieng di atas. Kayaknya bisa mulai dengan semangkuk Mi Ongklok panas panas ya.
    Cocok dinikmati di udara dingin Dieng.

    BalasHapus
  16. Ya Allah, wisata ke Dieng adalah wish list sejak lama. Penasaran banget sama mie ongklok. Dulu tahunya saat nonton FTV hehehe, keknya enak. Jadi pengen. Carica yang udah sering coba dapat oleh-oleh temen.

    BalasHapus
  17. Dieng dikenal sebagai surga kuliner tradisional di Indonesia, menyajikan beragam hidangan lezat yang mencerminkan kekayaan budaya. Mulai dari makanan pokok seperti bubur kacang ijo hingga camilan khas seperti onde-onde dan kerupuk gendar, Dieng mempersembahkan kelezatan yang menggoda selera dari setiap sudutnya.

    BalasHapus
  18. mbak aku tergoda bikin mie ongklok nih, sepertinya menggoda sekali ya kak. begitu juga dengan caricanya manis asem gitu sepertinya ya sayang nggak ada yang jual nih disini, harus agendakan pergi ke wonosobo nih sepertinya

    BalasHapus

Posting Komentar