5 Tempat Wisata Favorit di Klaten, Menakjubkan dan Kaya Sejarah!

Klaten, menyimpan berbagai tempat wisata favorit yang kaya akan sejarah. Jawa Tengah, salah satu provinsi di Indonesia, yang kaya akan budaya, sejarah, dan alam yang menakjubkan.

Salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini mungkin belum sepopuler destinasi pariwisata lainnya.

Meski begitu Klaten memiliki daya tariknya sendiri yang tak kalah dari kota lain seperti Semarang dan Yogyakarta.

Tempat Wisata Favorit di Klaten

Klaten, menawarkan berbagai destinasi wisata menarik, dari warisan budaya hingga keindahan alamnya. Berikut beberapa tempat wisata favorit yang dapat kamu kunjungi di Klaten.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindu terbesar dan paling indah di Indonesia. Terletak di perbatasan Klaten dan Yogyakarta, candi ini menjadi warisan budaya dunia UNESCO.

Candi ini memiliki arsitektur yang menakjubkan dan menawarkan pengalaman tersendiri dalam mengenal sejarah dan budaya Jawa.

Jangan lewatkan pertunjukan sendratari Ramayana yang sering diadakan di malam hari untuk melengkapi kunjungan kamu ke sini.

2. Goa Selarong

Goa Selarong adalah salah satu tempat wisata favorit di Klaten yang cocok bagi para pecinta alam dan petualang.

Terletak di lereng Gunung Merapi, goa ini memiliki jaringan terowongan alam yang menakjubkan yang dapat kamu jelajahi.

Kamu dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan belajar tentang sejarah tempat ini. Konon katanya dahulu Goa Selarong pernah menjadi tempat persembunyian pahlawan nasional, Pangeran Diponegoro.

3. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Dan juga merupakan salah satu keajaiban alam Klaten yang harus kamu kunjungi.

Air yang jatuh membentuk lanskap yang sangat indah. Grojogan Sewu adalah tempat yang menarik untuk berenang dan piknik bersama keluarga atau teman-teman.

Selain itu, alam sekitarnya juga menawarkan pemandangan alam yang hijau dan sejuk. Sangat cocok untuk bersantai sekedar melepas kepenatan.

4. Taman Bunga Klaten

Taman Bunga Klaten adalah tempat yang cocok untuk melepaskan penat dan menikmati keindahan alam serta beragam bunga yang cantik.

Di sini, kamu dapat berjalan-jalan santai di tengah-tengah bunga-bunga yang indah, berfoto, atau hanya bersantai sambil menikmati keindahan taman ini.

 5. Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga menjadi tempat wisata favorit pengunjung dari berbagai daerah. Klaten juga memiliki tempat-tempat religius yang penting. Salah satunya adalah Makam Sunan Kalijaga.  

Sunan Kalijaga merupakan salah satu Wali Songo yang sangat dihormati di Indonesia. Makam ini menjadi tempat ziarah yang populer bagi umat Islam.

Selain berdoa, kamu juga dapat belajar tentang sejarah dan ajaran yang diwariskan oleh Sunan Kalijaga.


Klaten, menawarkan tempat wisata favorit dengan keindahan alamnya dan menjadi warisan budaya. Selain tempat-tempat yang telah disebutkan tersebut, kamu juga dapat mengeksplorasi pasar tradisional, dan mencicipi makanan khas Klaten.

Jadi, jika kamu mencari destinasi wisata yang kaya akan sejarah, cobalah untuk mengunjungi Klaten, dan temukan keajaiban-keajaiban yang tersembunyi di sana.***


Related Posts

23 komentar

  1. Dari sekian banyak tempat wisata di Klaten baru sempat ke Candi Prambanan.
    Masih banyak ternyata yang bisa dijelajah ya di sana. Mudah-mudahan suatu saat bisa eksplore lagi, terutama pengen ziarah juga ke makam Sunan Kalijaga

    BalasHapus
  2. Saya termasuk orang yang senang mengunjungi tempat wisata yang berlatar sejarah. Jika sedang traveling ke suatu daerah pasti menyempatkan jalan ke tempat bersejarah. Semoga suatu saat nanti bisa mampir ke Klaten dan mengunjungi tempat2 yang diulas di artikel ini.

    BalasHapus
  3. Banyak juga ya tempat wisata di Klaten. Aku penasaran sama Taman Bunga nya, kayanya bikin seger mata yaa bisa buat foto-foto juga Instagramable bgt pastinya.

    BalasHapus
  4. Kalau udah berkaitan dengan Jawa Tengah, ya, bawaannya adek dan pengin banget ke sana lagi. Mengingat ada keluarga besar di Jawa Tengah juga. BTW KAK, aku baru tau kalau Candi Prambanan ada di Klaten wkwkwkkw

    BalasHapus
  5. Jadi penasaran sama taman bunganya. Apakah mirip sama taman bunga di Bandung? Aku belum pernah ke Klaten soalnya. Kalau jogja sih pernah.

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah ke Klaten mba... dan sepertinya kelima tempat ini harus ku kunjungi kalau liburan ke Klaten..

    BalasHapus
  7. Saya belum pernah ke semua tempat yang disebut di atas huhu. Semoga di masa depan saya bisa jalan-jalan ke sana, terutama Candi Prambanan. Aamiin

    BalasHapus
  8. ke 5 tempat wisata tersebut sudah sering saya dengar. apalagi saya orang Jogja. tetapi belum pernah ke sana satupun dari tempat wsata itu. menyedihkan. Nanti kalau kembali ke Jogja harus di agendakan.

    BalasHapus
  9. Dari kelima tempat wisata itu oaling yang saya ketahui hanya Candi Prambanan dan Makam Sunan Kalijaga.

    BalasHapus
  10. Jawa tengah selalu menyimpan tempat sejarah yang bagus-bagus. Salah satunya di daerah klaten dan sekitarnya. Candi prambanan, misalnya. Tempat favorit sejuta umat.

    BalasHapus
  11. Candi Prambanan ini suka banyak yang lebih tahu di yogya, ya, padahal wilayahnya terdapat di perbatasan yogya dan klaten. Penasaran sama wisata air terjunnya, jadi ingin kesana

    BalasHapus
  12. Aku pernah ke Candi Prambanan dan Makam Sunan Kalijaga, selain wisata sejarah, tetapi juga dapat barakahnya. Semoga lain waktu bisa wisata alam juga (Anisa Alfi)

    BalasHapus
  13. Saya belum pernah berkunjung ke 4 obyek wisata lainnya. Baru pernah berkunjung ke Candi Prambanan saja, itupun sudah lama sekali. Semoga next time bisa berkunjung ke obyek wisata lainnya

    BalasHapus
  14. Waduh belum semua didatangi ini padahal dekat dan sempat tinggal di semarang 5 tahun. Bagus-bagus semua ini tempatnya.

    BalasHapus
  15. Wah next destination wishlist ini kalau lagi main ke semarang bisa mampir ke wisata di klaten ini.

    BalasHapus
  16. Candi Prambanan hanya sering lewat tetapi belum pernah mampir. Penasaran dengan patung Roro Jongrang nya, yang katanya tidak semua orang bisa menemukan di mana posisi patung nya berada.

    BalasHapus
  17. Pesona wisata Klaten ini benar-benar bikin pengunjung ingin terus berlama-lama . apalagi wisata alamnya menarik banget seperti air terjun

    BalasHapus
  18. Pengen ke semua tempat ituu, apalagi bagian ziarah ke makam Wali-nya. Lamaa bangett ngga berwisata, apalagi ke bagian tengah pulau Jawa

    BalasHapus
  19. Duh jadi ingin kalan jalan ke Klaten . Objek wisatanya bagus bagus...

    BalasHapus
  20. Dari kesekian yang disebutkan, baru ke Prambanan nih. Palingan biasanya kalau ke Klaten mampirnya ke Rowo Jombor lalu kulineran sop ayam trus melipir ke pemandian di Boyolali, hehehe

    BalasHapus
  21. Dari dulu pengen banget ke candi prambanan huhu tapi belum terwujud. Semoga aja di masa depan aku bisa berkunjung ke sana. Keren banget artikelnya kak.

    BalasHapus
  22. setelah baca artikel ini, rasanya kelima tempat ingin sekali ku kunjungi.. kaya sejarah dan kaya pengetahuan..

    BalasHapus
  23. Wahh kampung halaman keluarga ada di Klaten, jadi pingin coba ke sana. Tapi pas dicek ternyata cukup jauh dari rumah nenek. Semoga bisa ke sana secepatnya.

    BalasHapus

Posting Komentar