Manfaat Internet Untuk Daerah Terpencil

Manfaat internet di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) sangat berdampak pada perkembangan desa terebut. Ketka sedang berkunjung ke desa terpencil di Provinsi Sumatera Selatan, tampak desa tersebut maju pesat seiring perkembangan teknologi.

Jika dibandingkan dengan tiga tahun yang lalu terakhir saya mengunjungi desa ini, penduduk lokal masih banyak menjadi nelayan. Namun sekarang di antara meraka sudah bisa berjualan online. Ada juga yang berprofesi sebagai ojek online.

Bahkan anak mudanya sudah mengenal aplikasi Youtube, TikTok dan cepat sekali tahu apa dan siapa yang sedang viral di Indonesia. Ketika berada di sana, saya melihat rata-rata penduduk desa tersebut menggunakan IndiHome sebagai provider internet.

Saya coba bertanya kepada salah satu kepala keluarga, ia mengatakan bahwa hanya provider tersebut mampu memberikan sinyal yang kuat dan stabil. Provider milik BUMN ini memang memiliki layanan yang dikhususkan untuk daerah terpencil.

Sehingga tak jarang Telkom Indonesia mendapat sebutan sebagai jaringan merakyat karena mampu menjangkau daerah terpencil di Indonesia. Dan banyak yang merekomendasikan provider tersebut sebagai layanan internet yang cocok untuk daerah terpencil.

Ketika saya bertanya layanan apa yang mereka pakai, salah satu penduduknya mengatakan menggunakan IndiHome SKY. Ternyata memang layanan ini dikhususkan untuk memberikan akses di wilayah 3T.

Dan juga merupakan the one and only broadband via satelit di Indonesia yang dapat menjangkau wilayah pelosok Indonesia. Dari segi harga pun masih bisa dijangkau oleh penduduk desa ini yang berpenghasilan menengah ke bawah.

Dengan adanya jaringan broadband di daerah terpencil, manfaat internet menjadi alat komunikasi penduduk setempat yang pastinya sangat dibutuhkan untuk tetap terhubung dengan dunia luar.

Kecepatan yang dimiliki layanan IndoHome SKY mampu mengunduh data dengan kecepatan 2 Mbps dan dan mengunggah data 0,5 Mbps.  Layanan ini juga sudah dapat digunakan untuk mengakses informasi.

Selain itu IndiHome SKY memberikan 13 TV channel yang dapat diakses pengguna secara gratis tanpa dipungut biaya tambahan. Tentunya hal ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia di daerah terpencil.

Layanan IndiHome SKY menggunakan sistem kuota yang dapat memudahkan penduduk setempat untuk top up jika kuota sudah habis. Kuota yang disediakan bermacam-macam tergantung kebutuhan dari mulai 100 MB sampai dengan 15 GB.

Dengan harga kuota yang cukup terjangkau dari harga terendan Rp25.000,- sampai dengan harga tertinggi Rp500.000,-.

Jika dulu desa ini sangat malas saya kunjungi, karena selalu tidak ada sinyal ketika berada di sana. Namun karena dengan niat silaturahmi tentu membuat saya berkunjung lagi ke sana karena desa ini tempat nenek saya tinggal.  

Apalagi desa ini sekarang sudah lebih maju dan berkembang dengan bantuan Telkom Indonesia yang memberikan layanan internet untuk daerah terpencil. Jadi, ketika berkunjung ke sini saya masih dapat bekerja secara online dengan jaringan internet yang stabil.

Beberapa manfaat internet sudah dirasakan oleh penduduk di desa ini, di antaranya:

  1. Bisa menghasilkan uang dengan berjualan online.
  2. Bisa berbelanja online untuk menghemat biaya operasional apalagi di masa pandemi.
  3. Bisa bersekolah online ketika di masa pandemi.
  4. Sebagai media informasi dan komunikasi dengan sanak saudara ketika tidak bisa bertemu.
  5. Bisa bekerja secara online di masa pandemi.

Manfaat internet sangat berdampak di desa terpencil. Sehingga sekarang masyarakat Indonesia yang berada di pelosok sudah tidak terbelakang lagi. Dengan begitu “Keadian Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” perlahan dapat terwujud bersama IndiHome.

Related Posts

2 komentar

  1. Dengan adanya internet di daerah terpencil sangat membantu kemajuan daerah tersebut. Dengan internet semua bisa diakses dan dimanfaatkan untuk hal positif

    BalasHapus
  2. Penting banget ini internet di daerah terpencil, aku yang baru pindah dari pulau jawa saja terasa sekali jika sinyal itu tidak sebagus kondisinya di pulau Jawa.

    BalasHapus

Posting Komentar