Little Venice Bogor, Wisata Instagramable Ala Eropa

little venice bogor
Sumber : Google

Bogor adalah kota yang banyak terdapat tempat wisata yang instagramable. Seperti daerah puncak yang menjadi tempat favorit wisatawan jika akhir pekan. Saat weekend, kawasan puncak akan padat merayap bahkan bisa macet berjam-jam. Disebabkan tempat wisata di kota hujan ini banyak tempat wisata yang indah dan juga instagramable, salah satunya Little Venice Bogor. 

Little Venice Bogor merupakan destinasi wisata yang kekinian atau instagramable. Bagaimana tidak jika mengunjungi tempat wisata ini kamu akan merasa seperti berada di Venisa, kota cantik yang berada di tepi laut ini terletak negara Italia. Banyak yang rnegatakan tempat wisata ini tiruan dari kota Venisa. Jadi tidak perlu jauh-jauh mengunjungi Venisa, cukup datang saja ke Bogor. 

Lokasi Little Venice Bogor

Tempat wisata ini terletak di ujung kota Bogor perbatasan dengan  kabupaten Cianjur. Sebetulnya jika dilihat dari daerahnya, Little Venice Bogor masuk dalam area kabupaten Cianjur. Alamat lengkapnya berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yakni di Jalan Hanjawar Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas. Namun para wisatawan mengenal tempat wisata ini berada di Bogor.

Jarak tempuh dari Jakarta kurang lebih 87 meter atau sekitar 3 jam perjalanan melalui tol Jagorawi. Jika dari Bogor jarak yang ditempuh diperkirakan 44 meter yang tempuh dalam waktu 2 jam. Lokasi Little Venice Bogor tidak jauh dari tempat wisata Puncak Pass Resort dan kota Bunga. Dari tempat kenamaan itu sekitar 10 meter sudah sampai di lokasi. 

Bagaimana Rute ke Little Venice Bogor?

Jika akan ke Little Venice Bogor kamu dapat melalui rute ke arah Cipanas. Kemudian  ikuti jalan terus lalu akan bertemu pertigaan dan ada plang Taman Bunga Nusantara, dari plang tersebut kamu bisa langsung belok kiri dan ikuti saja jalannya.

Tidak lama akan bertemu pintu masuk Little Venice di kiri jalan. Cara mudahnya kamu harus mencari dulu Kota Bunga kemudian baru bisa menemukan lokasi tempat wisata ini. Sebaiknya ketika ke sana gunakan mobil. Karena kamu akan lebih leluasa meng-explore berbagai tempat wisata di sana. 

Namun jika tidak mempunyai mobil pribadi, bisa menggunakan jasa rental mobil. Akan tetapi kamu yang terbiasa menggunakan angkutan umum, naik saja angkot bewarna hijau jurusan Terminal Baranangsiang, dari terminal lanjut naik mobil elf jurusan Cianjur lalu berhenti di Pasar Cipanas.
 
kemudian naik lagi mobil angkutan umum ke Mariawati ldan berhenti di lokasi komplek villa kota bunga puncak. Namun jika menggunakan angkutan umum, kamu harus siap jalan kaki dari gerbang masuk kota bunga ke Little Venice karena tidak ada angkutan umum. 

Tetapi bisa jadi ada ojek pangkalan untuk membantu menuju lokasi wisata. Intinya akses menuju ke Little Venice Bogor tidaklah sulit. Bisa juga menggunakan aplikasi Google Map dijamin tidak nyasar. 

Apa Saja yang Menarik di Little Venice Bogor?

Yang menjadi daya tarik di kota Venisa versi Bogor itu yaitu wahananya banyak pilihan diantaranya, Gondola Khas Italia, Perahu Naga, Banana Boat, Sepeda Air, Bubble Ball khas Amerika, dan Perahu Karet. Untuk tiketnya pun tidak begitu mahal masih terjangkau oleh semua kalangan. Harga tiketnya sekitar 

Tiket masuk Little Venice Bogor seharga Rp30.000 per orang. Ini tidak termasuk tiket per wahana. Untuk harga tiket per wahana dijual terpisah. Jika kamu ingin menaiki wahana gondola, perahu naga, hingga sepeda air. Cukup hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar dari Rp25.000 per orang.

Jika kamu ingin merasakan sensasi menaiki Kapal Missisipi harga tiket per orang Rp15.000, wahana Perahu Bebek Kecil Rp40.000 per orang, lalu wahana Perahu Bebek Besar per orang Rp80.000, kemudian harga Perahu Bebek Motor per orang Rp15.000. 

Untuk permainan Sepeda Air Besar harga per orang Rp40.000, jika kamu ingin naik wahana Battere Car harga per orang Rp10.000 dan yang terakhir wahana Siper per orang dikenakan Rp15.000 per 40 butir peluru.

Di  Little Venice Bogor  untuk anak-anak dengan orang dewasa harga tiket dibedakan. Untuk  anak-anak dikenakan harga tiket Rp20.000 on weekday, dan Rp40.000,00 on weekend. 
Harga tiket masuk orang dewasa pada hari biasa dikenakan Rp25.000 per orang sedangkan pada hari libur  Rp40.000 per orang. 

Tetapi ada peraturan ketika mengunjungi tampet wisata instagramable pada saat hari libur, yaitu  ada batas waktu kunjungan bagi pelancong yang datang, yaitu maksimal hanya 2 jam saya. Sungguh disayangkan! 

Berikut jam operasional di Little Venice, pada hari kerja pukul 08-16 Wib sedangkan  hari libur weekend dan libur hari besar buka pukul 08-18 Wib.

Pada saat mengunjungi Little Venice Bogor jangan sampai datang pas hari libur karena akan ramai dan berdesakan, agar dapat menerapkan jaga jarak pada saat berwisata di masa pandemi, maka datanglah pada saat weekday. 

Selain wahana yang disuguhkan, di Little Venice juga menyajikan fasilitas yang bisa dipakai oleh pengunjung, seperti villa, sarana olah raga, arena fantasi, tempat parkir luas, sewa kuda, playground, mushola, toilet, restoran, tempat memancing.

Wisata Little Venice Bogor ini banyak memiliki keindahan. Sebagai replika kota Venisa sudah tentu membuat tempat ini nyaris sama dengan kota aslinya. Keindahan yang bisa dinikmati wisatawan adalah: menyaksikan miniatur Kota Venesia, replika menara Eiffel, replika patug Merlion Singapura dan replika kuil Itsukushima. Sungguh tempat wisata yang instagramable.

little venice bogor
Sumber : Google

Tips ketika berada di Little Venice Bogor

Ketika berada di tempat wisata intagramable, kamu dapat memperhatikan beberapa tips berikut:

1. Jangan Lupa Bawa Kamera

Tempat wisata ini instagramable, jadi kamu sangat wajib untuk membawa kamera. Karena di Little Venice banyak spot bagus untuk foto-foto. Dan juga tersedia kostum-kostum lucu yang dapat disewa.

2. Naiklah Wahana yang Terdapat Spot-Spot Bagus

Karena Little Venice Bogor ini di-design sebagai replika Kota Venisa ala Indonesia. Sudah tentu akan banyak spot menarik untuk take foto yang  bisa kamu positng di media sosial. Wahana yang paling banyak dijadikan spot untuk foto adalah wahana air.

3. Perhatikan Protokol Kesehatan Ketika Berwisata di Masa Pandemi

Hal yang harus diperhatikan ketika berkunjung  ke Little Venice, yaitu yang boleh berkunjung hanya wisatawan yang sudah di vaksin, minimal vaksin 1. Lalu gunakan selalu masker dan gantilah masker setiap empat jam sekali. Selanjutnya anak-anak boleh  berkunjung ke sini dengan memperhatikan protokol kesehatan dan didampingi oleh orang tua.

Jangan lupa juga membawa Hand Sanitizer dan sabun cuci tangan. Dan sering-seringlah mencuci tangan ketika habis bermain di wahana. Juga jangan lupa meminum vitamin untuk daya tahan tubuh.

4. Membawa Alat Makan dan Minum

Ketika berwisata, sebaiknya kamu membawa peralatan makan dan minum sendiri. Untuk mencegah terkontaminasi virus. Dan juga membuat kamu lebih aman dan terjamin kebersihannya.

Dengan adanya destinasi wisata bernuansa Luar Negeri seperti Little Venice Bogor ini dapat menjadi alternatif ketika kamu belum pernah ke Eropa. Dan nikmati sensasi seperti di Eropa.


Related Posts

1 komentar

  1. semoga suatu hari nanti diberikan kesempatan buat nyobain serunya berwisata ke little venice bogor ini... penasaran juga pengen ngerasain gimana sensasi menaiki Kapal Missisipi...

    BalasHapus

Posting Komentar