Apa itu Google Search Console? Wajib Tahu!

Apa itu Google Search Console

Apa itu Google Search Console? GSC atau Google Search Console  merupakan salah satu tools free yang disediakan Google, yang mana pemilik website dapat menggunakannya untuk memantau dan juga mengoptimalkan kinerja website yang dimiliki. 

Selain itu tools ini dapat digunakan juga untuk me-monitoring website, posisi artikel, traffic, mencari tahu keyword yang sedang populer serta mengetahui kinerja website pada perangkat mobile. Selain itu banyak manfaat yang didapat ketika mempelajari Google Search Console.

Apa Saja Manfaat dari Google Search Console?

GSC atau Google Search Console mempunyai manfaat yang besar dalam menyokong kinerja optimasi website. Sehingga tidak ada ruginya ketika menggunakan tools yang disediakan Google ini secara gratis.  

Setelah mengetahui apa itu Google Search Console, banyak sekali manfaat yang didapat. Pastinya memudahkan pemilik website untuk mengoptimalkan kinerja website-nya. Berikut ini beberapa manfaat yang didapat ketika belajar menggunakan Google Search Console, di antaranya:

1.   1. Artikel Mudah Terindeks oleh GSC

Ketika artikel terindeks oleh Google maka website yang dimiliki akan banyak yang mengunjungi. Dan juga dengan menerapkan GSC akan memberi kemudahan untuk tahu keyword apa yang sedang banyak digunakan.

2.    2. Mengetahui Keyword Terkini

GSC juga akan memberikan informasi mengenai keyword apa saja yang dapat meningkatkan SEO website. Dan juga halaman apa saja yang sedang diminati. Pada saat mengetikkan keyword pada mesin pencari Google,  akan ditemukan artikel mana saja yang tedapat di halaman pertama google. Selain itu, bisa juga diketahui melalui fitur impression atau nama lainnya CTR (Click Through Rate).

3.                3. Memblokir Link Negatif

Manfaat lainnya dari GSC salah satunya dapat memblokir link yang negatif yang dapat merugikan rangking serta kinerja website. Selain itu dapat menelusuri pengunjung website dari mana saja asalnya. GSC ini juga dapat membantu mengetahui prospek pengunjung website.

4.      4. Bisa Tahu Backlink Website

Backlink merupakan salah satu fitur dari website yang dapat menentukan rangking di mesin pencarian. Dengan memanfaatkan fitur ini tools ini  dapat membantu mengidentifikasi backlink yang terdapat di dalam suatu situs.

GSC ini menginformasikan backlink dan anchor text apa saja  yang paling sering dipakai. Selain memiliki fitur yang dapat mengetahui backlink, GSC juga bermanfaat dapat mengetahui broken link dan juga memperbaiki untuk nilai website.

5.     5. Keamanan pada Website Diketahui

Setiap blogger pasti akan peduli dengan keamanan website-nya. Dengan menggunakan GSC masalah keamanan website seperti hacker, pencurian data dan masalah lainnya. Sehingga untuk keamanan website tidak perlu khawatir lagi.

6.      6. Fitur Submit Sitemap

Untuk mengetahui apa itu Google Search Console, bisa diketahui dari manfaatnya. Salah satu manfaatnya yaitu sebagai submit sitemap adalah membantu Google agar dapat melakukan crawl di sebuah situs. Sehingga mesin pencari dapat megindeks situs dengan akurat dan cepat.

7.       7. Informasi Mengenai Kinerja Website

Google Search Console mampu menyajikan informasi mengenai kinerja website, apakah sudah berjalan dengan sempurna? Jika suatu hari terjadi masalah pada website maka GSC akan memberikan notifikasi. Selain itu GSC sangat membantu dalam memonitoring dan mengevaluasi kinerja website secara menyeluruh.

Selain yang telah diulas di atas masih ada beberapa manfaat lainnya dari GSC. Seperti fitur disavow yang bermanfaat untuk menghapus menu international targeting atau backlink negatif. Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh para blogger untuk menarik pengunjung dari mancanegara.

Jadi, jika sudah tahu apa itu Google Search Console beserta manfaatnya maka sekarang mencoba menggunakannya di website.


Related Posts

Posting Komentar