Pesan Cinta dari Corona

Dunia seakan dibuat tersentak oleh kehadiran mahluk-Nya bernama virus Corona (Covid-19). Mahluk kecil ini mampu membuat perekonomian dunia porak- poranda. Banyak pebisnis yang gulung tikar, karyawan yang kehilangan pekerjaannya. Semua masyarakat dunia khawatir berlebihan, terkekang di dalam rumah. Hingga beberapa di antaranya ada yang rela mengakhiri hidupnya karena merasa putus asa.

Jika ditelaah lebih dalam lagi, apa yang sebenarnya ingin disampaikan sang virus bernama Corona ini?

Tak lepas dari sebuah keyakinan bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah karena Allah Swt akan memberikan hikmah di dalamnya. Seperti yang tercantum dalam kitab suci Al Qur'an yang artinya :
"Tidak ada sesuatu yang sia-sia dari penciptaan Allah"(QS. Ali Imran: 191).

Allah Maha Berkehendak atas segala sesuatu yang terjadi di bumi dan di langit.

Peristiwa terjadinya virus Corona ini berawal di daerah Wuhan, China pada penghujung tahun 2019 yang kemudian melebar nyaris menyentuh negara di dunia. Sehingga menjadi wabah pandemik yang dikenal dengan Pandemik Covid-19. Dampaknya beberapa negara memutuskan untuk me-lock down negara mereka demi memutus penyebaran virus tersebut.


Jika direnungi ada beberapa pesan cinta yang ingin disampaikan oleh Corona. Di antaranya adalah:

1. Semakin banyak orang yang beribadah mengingat kebesaran Allah.
Diterapkannya ibadah di rumah pada bulan Ramadan, ada banyak waktu untuk instropeksi diri. Mengoreksi kesalahan diri. Mendekatkan diri pada Allah, jika selama ini banyak lalai melaksanakan kewajiban pada-Nya.

Hingga bumi pun akhirnya mempunyai waktu untuk istirahat dari hiruk pikuknya dunia, serta berbagai paparan polusi udara dikarenakan banyak beraktivitas dari rumah.

2. Mempunyai banyak waktu bersama keluarga.
Jika sebelumnya sangat sedikit waktu bersama keluarga dikarenakan banyaknya aktivitas, maka dengan adanya pademik ini waktu bersama keluarga lebih banyak. Seperti kesadaran pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak serta lebih memperhatikan anak, sehingga Keakraban pun semakin erat.

3. Adanya kesadaran masyarakat mengenai kebersihan.
Terlebih kesadaran untuk lebih sering mencuci tangan. Menerapkan pola hidup sehat, terutama dari makanan. Lebih memperhatikan diri dan sekitar jika batuk atau bersin.
Ada juga yang bergotong royong membersihkan lingkungan rumah dengan menyemprot disinfektan.

4. Lebih peduli dengan sesama
Dengan adanya pademik ini, bermunculan kesadaran berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Serta membantu petugas medis sebagai garda depan dalam menanggulangi wabah virus ini.

Pasti ada rencana Allah yang indah di balik Pesan Cinta dari Corona. Setiap kesulitan yang dihadapi terdapat kemudahan. Begitu Allah berfirman dalam kitab suci Al Qur'an:
"Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan" (QS. Asy-Syarh:5-6).


#OprecODOP9
#KomunitasODOP
#OneDayOnePost
#MerdekadiTengahPandemi



Related Posts

Posting Komentar