Tipe Kepribadian Introvert


Tipe Kepribadian IntrovertDidalam teori kepribadian manusia, kita mengenal ada pengkategorian pribadi  Introvert, Extrovert dan Ambivert. Pada dasarnya setiap orang memiliki persentase sisi tersebut didalam kepribadian mereka masing-masing. Akan tetapi, salah satu sisi akan muncul lebih dominan dalam karakter orang tersebut. Kali ini saya akan membahas mengenai tipe kepribadian introvert. Apakah kamu termasuk? mari kita simak.


Tipe Kepribadian Introvert adalah adalah sikap atau karakter seseorang yang memiliki orientasi subyektif secara mental dalam menjalani kehidupannya. Kepribadian introvert cenderung menyukai kondisi yang tenang, senang menyendiri, reflektif terhadap apa yang mereka lakukan. Mereka memiliki kecenderungan untuk menjauhi interaksi dengan hal-hal baru.

Seseorang introvert sangat senang untuk melakukan aktivitas yang bersifat soliter (dapat di lakukan sendirian tanpa bantuan orang lain). Kegiatan tersebut seperti menulis, membaca, mengoperasikan komputer, menonton film, memancing dan lain sebagainya. Banyak dari seniman, komposer lagu, penulis novel, atau penemu biasanya memiliki kepribadian introvert. Mereka lebih menyukai menikmati waktu yang dihabiskan sendirian, karena menurut mereka, sendirian adalah hal yang menyenangkan. Selain itu, introvert juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melakukan analisa hal-hal rumit. Mereka lebih mudah untuk berkonsentrasi saat memecahkan masalah.


"Introvert lebih memilih untuk menghindari obrolan ringan. Kami lebih suka membicarakan sesuatu yang berarti daripada mengisi udara dengan obrolan yang hanya membuat kebisingan" - Jenn Granneman -

Tipe Kepribadian Introvert lebih suka sendirian di kamar daripada berkumpul bersama teman. Sebenernya ada banyak salah paham tentang tipe introvert. Tipe ini sering dianggap pemalu, tertutup, atau anti sosial. Ada yang menganggap tertutup = introvert. Padahal tidak selalu. Ada  tipe  introvert yang jago ngomong di depan umum. Mereka juga bisa berkumpul bersama temannya. Tapi orang tipe introvert punya “stok energi sosial”. Mereka punya batasan tenaga untuk bersosialisasi. Jadi ketika bersama temannya tidak suka lama-lama. Karena “tenaga”nya habis. Ketika tenaga ini habis, harus dicas lagi. Caranya? dengan menyendiri. Orang introvert suka dengan kesendirian, tahan seharian di kamar, main hape atau baca buku,  dia bisa saja berhari-hari tidak berhubungan dengan temen-temannya.


Ciri khas tipe kepribadian introvert:
  • Senang menyendiri
  • Pemikir
  • Pemalu
  • Pendiam
  • Lebih senang bekerja sendirian
  • Lebih suka berinteraksi secara langsung dengan 1 orang
  • Susah bergaul (kuper)
  • Senang berimajinasi
  • Jarang bercerita, lebih suka mendengarkan orang bercerita
  • Senang dengan kegiatan yang tenang (membaca, bermain komputer, memancing, bersantai)
  • Lebih senang mengamati dalam sebuah interaksi
  • Berpikir dahulu baru berbicara/melakukan
  • Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan tulisan 

Bagaimana cara menghadapi kepribadian tipe ini?

Arti introvert terkadang disalahartikan sebagai pemalu, tetapi sebenarnya introvert dan pemalu tidaklah sama. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghadapi orang dengan kepribadian ini.
  
Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah mengerti betul apa arti introvert. Dengan begini, dapat diketahui kemungkinan yang dapat terjadi, berikut tantangan yang muncul dikemudian hari. Banyak orangtua terkadang khawatir ketika anak mereka mengurung diri di dalam kamar dan tidak mau berbicara terkait apa yang ia rasakan. Padahal ini hanya karakter dari kepribadian dan cara memahaminya saja yang berbeda.

Perilaku orang dengan kepribadian ini terkadang suka disalahartikan sebagai tanda-tanda depresi. Namun sebaiknya jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan. Yang perlu dipahami adalah introvert bukanlah suatu respon terhadap rangsangan yang terjadi dari luar, tetapi merupakan suatu tipe kepribadian.


Pahami kecenderungan perilaku orang dengan kepribadian ini.

Sebagai contoh, orang introvert terkadang hanya memiliki satu atau dua orang teman dekat. Ini adalah termasuk salah satu ciri tipe introvert, Mereka lebih nyaman dengan lingkaran pertemanan yang kecil, bukan berada di grup penuh dengan orang. Jumlah teman yang sedikit pada orang introvert bukan selalu indikasi orang tersebut mengalami masalah bersosialisasi.
Jangan paksa untuk mengubah kepribadiannya.

Karena sering disalahartikan sebagai pemalu dan penyendiri, tipe introvert terkadang dianggap sebagai orang yang bermasalah. Jika orang dengan kepribadian ini memilih untuk menyendiri di kamar atau lebih asik sendiri dengan hal yang sedang ia lakukan, biarkan ia untuk melakukan hal tersebut karena saat itulah mereka merasa nyaman dengan dirinya.

Yang harus diingat, tipe kepribadian introvert butuh waktu sendiri untuk mencerna kejadian-kejadian baru yang dialaminya. Hindari juga memaksa orang introvert untuk bersosialisasi, terutama jika berada di lingkungan baru. Biarkan ia mengamati dulu sejenak sebelum ikut bergabung dengan orang  barunya.

Ada beberapa mitos yang salah tentang orang intovert :

Katanya, orang introvert tidak untuk menjadi pemimpin.

Siapa bilang demikian? Tidak juga,  Sebuah studi tahun 2012 yang dilakukan oleh Corinne Bendersky dan Neha Shah dan diterbitkan dalam jurnal Academy of Management mengatakan, bahwa orang-orang introvert bekerja dengan sangat baik dalam proyek grup.

Kemampuan sosial dan introversi sebenarnya tidak saling berkaitan. Karakteristik introvert seseorang sebenarnya bisa memberikan kontribusi terhadap kesuksesan, karena orang-orang introvert biasanya lebih teliti dan teratur dalam melakukan penelitian, membaca, merencanakan sesuatu, dan tugas-tugas lainnya yang membutuhkan konsentrasi dan ketenangan.

Katanya, tipe introvert ini bisa disembuhkan atau diubah.

Tidak benar demikian. Jika seorang memiliki tipe keprbadian introvert, kita mungkin sudah biasa merasa tidak dimengerti oleh orang lain dan segala tindak-tanduk sering disalahpahami. Tipe ini seringkali menerima kritikan dari sekitarnya untuk lebih aktif dan bicara lebih banyak, atau coba untuk berbaur dengan teman sebaya lainnya.
Tidak seperti sifat pemalu dan antisosial, yang merupakan karakteristik psikologis yang dipengaruhi faktor luar, introvert adalah kondisi biologis yang disebabkan oleh over-sensitivitas terhadap dopamin; artinya, saat orang introvert terlalu banyak menerima rangsangan dari luar seperti misalnya bersosialisasi, tenaga mereka (fisik dan mental) akan terkuras.


Katanya, tipe introvert sombong dan anti sosial.

Perlu diketahui bahwa tipe introvert tidak merasa harus berbicara jika memang tidak perlu. Terkadang, mereka lebih suka memerhatikan orang-orang di sekitarnya atau tenggelam dalam pikirannya sendiri. Mungkin, orang lain mengartikan sikap tersebut sebagai orang yang membosankan, padahal menurut orang introvert, aksi observasi dan memperhatikan orang-orang ini termasuk menyenangkan. Jadi mereka bukanlah sombong dananti sosial.
Orang introvert cenderung memilih untuk berinteraksi tatap muka dengan satu orang saja di satu waktu. Bukannya sombong atau dingin, introvert pada umumnya menyukai orang lain, tapi lebih menghargai waktu kebersamaan, dan mementingkan kualitas daripada kuantitas hubungan.


Berikut beberapa pekerjaan terbaik bagi mereka yang bertipe kepribadian introvert:

Penulis

Orang yang introvert biasanya punya pikiran dan imajinasi yang sangat sibuk yang mendesak untuk dikeluarkan dalam bentuk tulisan. Inilah kenapa profesi penulis sering jadi pilihan orang-orang introvert, baik penulis fiksi hingga penulis nonfiksi seperti menjadi jurnalis di dunia massa. Orang yang introvert mengekspresikan dirinya jauh lebih baik lewat tulisan dibandingkan secara lisan. 

Seniman

Menjadi seniman seperti pelukis atau musisi bisa menjadi pilihan orang yang introvert, terutama bila ada  bakat. Seorang pelukis, bisa menghabiskan waktu yang panjang hingga berbulan-bulan bekerja seorang diri untuk menghasilkan karyanya. Begitu pun dengan musisi, meski sering kali harus bekerja sama dengan musisi lainnya, interaksinya biasanya adalah saat bermusik sehingga tak perlu takut harus terjebak dalam obrolan basa-basi.

Desain grafis

Orang yang bekerja sebagai desain grafis akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan laptop atau komputer dan media lainnya demi menghasilkan gambar, logo, animasi, film dan lainnya.
Profesi ini tak menuntut Anda untuk bersosialisasi dengan banyak orang, tetapi fokus karena profesi ini membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi ketika membuat gambar atau logo yang diminta klien. Mereka tak begitu banyak bertemu dengan orang, kecuali untuk menyepakati ide sebuah karya dengan klien. Itu pun biasanya didampingi rekan dari divisi lainnya.



Programmer

Pengembang perangkat lunak atau programmer memposisikan komputer atau laptopnya sebagai “sahabat” mereka. Tak heran mereka sering lupa dengan kehidupan nyata dan sering larut dengan dunianya sendiri untuk melakukan codingMereka juga lebih senang menghabiskan waktu di depan komputer atau laptopnya dibanding bersosialisasi dengan orang lain, kecuali sosialisasi tersebut dilakukan jarak jauh melalui chatting apps atau email, misalnya.

Data Analis

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk menelaah hipotesis dan kemungkinan-kemungkinan dalam angka, maka profesi ini cocok untuk tipe kepribadian introvert.

Profesi ini tidak menuntut bertemu banyak orang karena akan berkutat dengan data. Mungkin interaksi yang terjadi hanyalah saat  harus mempresentasikan hasil analisis ke tim lainnya.

Fakta Menarik Buat Kamu Seorang Introvert.

Fakta menemukan bahwa tipe introvert lebih banyak melakukan dialog dalam diri jika dibandingkan dengan tipe yang sebaliknya, orang introvert lebih suka memikirkan gagasan yang tersimpan si memori  dan dalam benak mereka sendiri.

Sehingga, kegiatan seperti meneliti, membaca, atau menulis dapat lebih menarik perhatian seseorang dengan sifat introvert. Sementara itu, tipe kepribadian extrovert merasa perlu berdiskusi dengan orang lain untuk menemukan gagasannya.

Jika kita merasa memiliki sifat introvert, jangan malu dan tidak perlu menutup-nutupinya. Nikmatilah tipe kepribadian kamu dan kembangkanlah ke arah yang positif.

Related Posts

6 komentar

Posting Komentar