Tipe Kepribadian Ekstrovert

Tipe Kepribadian Ekstrovert - Kamu suka bergaul dengan banyak teman dan tidak suka sendirian? Itu tanda awal kamu adalah tipe kepribadian ekstrovert. Jika memiliki teman yang selalu bersemangat ketika kamu ajak hangout. Atau suka mengajak kumpul bareng seperti ngopi dan selalu mendominasi perbincangan. Pasti ia cenderung dengan kepribadian extrovert. 


Orang ekstrovert berkebalikan dengan mereka yang introvert. ketika tipe kepribadian introvert nyaman dan dapat mengisi ulang energinya dengan menyendiri atau hanya dengan segelintir orang, maka tipe extrovert tidak begini. Mereka  butuh banyak orang untuk membangkitkan semangat. Mereka yang seperti itu adalah pencair di setiap suasana.

Ekstrovert adalah tipe kepribadian yang menyukai interaksi dengan dunia luar, cenderung lebih banyak beraktifitas dan lebih sedikit berpikir. Secara umum, tipe kepribadian extrovert mendapatkan energi dari interaksi sosial dengan sesama melalui keramaian. Mereka biasanya memiliki kepribadian terbuka, senang bergaul dan peduli dengan sesama. Mereka juga cenderung lebih banyak bicara dan ramah terhadap semua orang yang ditemuinya.

Namun begitu, tak sedikit orang lain yang nyinyir sama kepada tipe extrovert. Mereka, terkadang terkesan cari muka alias suka cari perhatian. Sementara kamu bukan tipikal orang seperti itu.

Seorang extrovert juga banyak berperan pada acara-acara kemanusiaan. Selama ini seorang dengan tipe extrovert mempunyai predikat mereka yang berkarakter terbuka, banyak bicara, ekspresif, outgoing dan senang keramaian, dan juga dikenal mempunyai tipe bergaul tidak memilih.


Meskipun demikian seorang extrovert juga mempunyai sisi personal (private space) mereka bisa menjadi seseorang dengan karakter pendiam dan tertutup ketika sedang mempunyai suasana hati yang buruk. Tipe kepribadian extrovert sebenarnya tidak selalu mereka yang banyak bicara.

Tipe kepribadian extrovert sering terlihat lebih enerjik ketika berada di tengah keramaian. Karena seorang extrovert akan menikmati kebersamaan dan cenderung akan bosan apabila sendirian. Mereka cenderung memaksimalkan energi dari fisik untuk kegiatan mereka. Sedangkan tipe kepribadian introvert akan cenderung menggunakan energi mereka untuk berinteraksi dengan orang lain.

Seorang ekstrovert akan terlihat cenderung spontan setiap harus menjawab sesuatu mengenai suatu pertanyaan. Mereka yang memiliki kepribadian extrovert lebih didominasi dengan sifat, kondisi atau kebiasaan yang menyenangkan dan menemukan kebahagian dari luar diri mereka sendiri.

Bagi mereka, aktivitas sosial, berinteraksi dengan orang lain, bertukar informasi dengan banyak orang dan senang bergaul adalah hal yang menyenangkan. Sebaliknya jika mereka berada dalam keadaan sendiri bagi mereka adalah sesuatu yang membosankan.

 Ciri Khas Tipe Kepribadian Extrovert.
  • Senang berinteraksi dan bersosialisasi.
  • Mudah bergaul.
  • Selalu antusias dan semangat.
  • Cenderung spontan dalam bertindak atau berbicara.
  •  Pandai mencairkan suasana.
  • Menyukai popularitas dan senang menjadi pusat perhatian.
  • Senang jadi pembicara daripada pendengar.
  • Antusias
  • Banyak bicara
  • Tegas
  • Suka berteman
  • Percaya Diri
  • Suka Keramaian
  • Suka Bercerita

Mamahami Tipe Kepribadian Extrovert

Ekstrovert itu seperti stick gim controller berkabel, yang artinya alat tersebut mendapatkan energi saat bermain, selama kabelnya terhubung dengan sumber listrik. Secara simpelnya seperti itu, apakah kamu mengisi ulang tenagamu dengan memberi waktu untuk menyendiri sejenak, atau justru kamu mengisi ulang tenagamu dengan bersosialisasi.

Seorang ekstrovert cenderung menjadi lebih bersemangat untuk melakukan banyak hal jika mereka berada di lingkungan yang interaktif. Mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert biasanya lebih bisa menyesuaikan diri dan berkerja sama dengan baik dalam sebuah komunitas atau organisasi sosial.


Di dunia rata-rata dikuasai oleh mereka yang berkepribadian ekstrovert, seseorang selalu menganggap orang yang sendirian adalah orang yang kesepian. Padahal nyatanya tidak selalu orang yang sendirian itu adalah orang kesepian seperti contohnya tipe kepribadian introvert yang membutuhkan waktu sendiri untuk mengisi energinya, namun ekstrovert tidak bisa memahami kenapa seseorang perlu waktu untuk menyendiri. Hal ini terjadi karena bagi ekstrovert, sendiri itu identik dengan menyedihkan dan juga ekstrovert tidak bisa sendirian karena mereka membutuhkan interaksi social untuk mengisi energinya.

Mereka yang didominasi oleh kepribadian ekstrovert akan lebih terlihat ceria dalam setiap perkumpulan. Uniknya mereka yang benar-benar kuat dari sisi ekstrovertnya selalu  menjadi pencair suasana atau ice breaker.

Seorang ekstrovert akan senang menuangkan ide dan gagasan mereka kepada orang lain. Di dalam sebuah diskusi mereka akan banyak mendominasi suara serta usulan yang cukup kreatif. Namun terkadang, ide dan pembicaraannya masih kalah berbobot dengan mereka yang introvert. Meskipun introvert jarang menuangkan ide dan gagasan mereka, analisa dan perencanaan si introvert cukup detail dan lebih tersruktur.

Percaya diri adalah suatu hal yang dimiliki setiap orang. Setiap porsi rasa percaya diri yang terdapat dalam diri setiap orang berbeda-beda. Namun bagi ekstrovert. Rasa percaya diri adalah hal yang harus ada di dalam diri mereka. Sebisa mungkin mereka selalu berusaha untuk tampil percaya diri dan tampil berbeda.

Ada beberapa mitos yang salah tentang tipe kepribadian extrovert :

Seorang Ekstrovert Lebih Bahagia Dibandingkan Seorang Introvert.

Baik introvert maupun ekstrovert bahagia dengan caranya masing-masing.
Seorang Ekstrovert merasa “hidup” di keramaian, sedangkan introvert merasa “damai” saat berada dalam ketenangan. Dalam masyarakat awam, sebuah ketenangan seringkali dinilai sebagai bentuk keprihatinan. Sehingga menilai jika seorang introvert tidak bahagia.

Seseorang dapat menjadi Salah Satu Dari Keduanya, Introvert atau Ekstrovert.

Banyak orang beranggapan seorang introvert adalah kutu buku, sedangkan ekstrovert adalah tukang pesta. Kenyataannya, tidak ada ekstrovert 100% dan introvert 100%. Tiap orang merupakan kombinasi keduanya, yang membedakan adalah dominasi sifat introvert atau ekstrovert.

Ekstrovert Bukan Pendengar yang Baik.

Seorang ekstrovert dapat menjadi pendengar yang baik.
Seorang ekstovrert mampu mengembangkan hubungan dengan orang lain dan tahu bagaimana membuat orang lain merasa nyaman. Mereka menjadi menarik karena mampu melontarkan pertanyaan terbuka, sehingga membuat suasana menjadi lebih hidup.

Ekstrovert Tidak Suka Sendiri dan Suasana Tenang.

Setiap orang memerlukan “Me Time” untuk memperbaiki mood dan membuat lebih bersemangat. Tipe ekstrovert menghabiskan “Me Time” dengan dosis yang lebih sedikit dan cara yang berbeda.

Ekstrovert Berpikiran Dangkal.

Ekstrovert maupun introvert memiliki cara masing-masing dalam hal memproses informasi.
Tipe ekstrovert lebih aktif dalam memulai percakapan. Tetapi memerlukan waktu untuk eksplorasi secara lebih mendalam. Tak jarang mereka memiliki gagasan lebih baik tentang suatu hal.

Berikut beberapa pekerjaan terbaik bagi mereka yang bertipe kepribadian introvert:


Humas

Bertemu dengan banyak orang adalah hal yang paling disukai oleh seorang ekstrovert. Hal ini akan banyak ditemukan saat kamu digunakan menjadi humas (PR). Mereka juga menarik untuk menjalin hubungan baik, sekaligus membentuk imej publik pada perusahaan. Jadi ketahuan banget dong, mereka haruslah orang-orang yang ramah dan asyik


Customer Service

Posisi ini membutuhkan kemampuan komunikasi yang andal, karena pekerjaan mereka adalah keluhan dan juga melayani pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan. Bayangkan jika harus jadi CS pendiam, pasti luput semua tuh pelanggan.

Event Organizer

Selain aktif dan cekatan, perencana acara adalah orang yang siap dengan mobilitas tinggi. Dia akan membahas sejak konsep sampai selesai digelar. Mereka juga harus pandai bernegosiasi baik dengan klien maupun para vendor pendukung. Jika tidak bisa rawan rugi.

Guru atau Dosen

Masalah interaksi dan bercerita, guru adalah jagonya. Posisi ini sangat cocok untuk para ekstrovert. Pasalnya, setiap guru atau dosen harus pandai berkomunikasi dan membangun suasana. 

Saya menarik banyak orang, bukan karena saya seorang ekstrovert atau saya di atas atau saya mengalir dengan karisma. Itu karena aku peduli.-Gary Vaynerchuk-

Mana yang Lebih Baik, Orang Ekstrovert atau Introvert?

Di kehidupan ini untuk  dapat bersosialisasi dengan baik diperlukan keseimbangan dan penyeimbang itu adalah Tipe Kepribadian Ambivert.











Related Posts

6 komentar

  1. Waah..tulisannya bagus nih.. Aku jadi bisa tau kedua tipe itu. Dan spertinya anak keduaku termasuk tipe ekstrovert nih..

    BalasHapus
  2. Nice artikel, mungkin bisa diberi penomoran tiap poin

    BalasHapus
  3. Saya setuju tentang tak ada introvert atau ekstrovert 100%.
    Sejatinya setiap individu memiliki cara untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

    BalasHapus
  4. Wah saya baru tau tipe kepribadian ambivert...

    BalasHapus
  5. Mirip2 dgn kepribadian sy. Kyaknya dominan tipe ekstrovert niih 😁

    BalasHapus
  6. Terkadang aku juga memiliki sisi ekstrovert lho. Meski persentasenya tidak sebanyak introvert.

    BalasHapus

Posting Komentar