Bagaimana Membuat Blog yang Menarik?


Bagaimana Membuat Blog Yang Menarik?  - Membuat blog yang menarik tentang hal yang sulit dilakukan jika memiliki paham dengan teknik yang baik, tetapi untuk pemula yang membutuhkan blogger. Membuat blog menark bisa diibaratkan seperti memperindah rumah, jika di rumah itu disetujui oleh pernak pernik dan mengatur perlengkapan yang tertata rapi dan bagus jika blog bisa menggunakan kode, skrip yang bisa dibuat agar terlihat menarik.

Menarik bisa mendapatkan banyak makna, tapi apa yang saya tangkap dari hasil belajar di BNA (Belajar Nulis Artikel) yang diinginkan pengunjung adalah blog ini dapat diperoleh dengan cara mempercantik template agar enak dilihat, mulai dari warna, tata letak, widget, dan lain-lain dapat dibaca disini .





Dalam membuat blog, para blogger biasanya memiliki karakter khusus. Contohnya lebih banyak ditemukan di internet, tampilan blog mereka akan berbeda-beda dari penulis yang sama. Kita dapat mengubah sedikit-sedikit naskah yang diperoleh tanpa harus mengarang kode itu sendiri.

Berikut ini beberapa langkah membuat blog yang menarik:

 Mengganti Template Yang Bagus.

Mengganti template jadi profesional, merupakan salah satu cara membuat blog menarik. Untuk Blogspot bisa mengunjungi situs yang menyediakan template blogspot seara gratis. Pilih template yang bagus, dan sekarang lagi marak penggunaan HP mudah untuk internet kemudian Pilih Pilih template yang ukurannya bisa memudahkan semua gadget dan perangkat, dalam hal ini disebut juga dengan Respons Template. 

Kebetulan di tahun 2015-2016 ini Google baru meluncurkan algoritme baru bernama Mobilegeddon yang mana mencari dari pengguna internet akan disesuaikan dengan perangkat yang mereka gunakan, jika hanya pengunjung yang menggunakan gadget kompilasi penjelajahan maka otomatis google akan mendahulukan blog yang akan menambah blog sehingga menyulitkan membuka saat dibuka.

Lihat demonya - ini penting dilakukan, yaitu melihat tampilan sebenarnya pada saat online, bukan hanya dengan gambar dan tangkapan layar, dan baru setelah itu bisa diputuskan akan digunakan atau tidak. 

Unduh - Untuk memulai ini mudah dilakukan, cukup cari tulisan 'Unduh' di bawah gambar tampilan templat di btemplates.com ini dan otomatis akan muncul halaman kecil yang meminta kamu menyimpannnya di komputermu.

Unggah - Setelah disimpan di komputer, sekarang selesai menggunakan templat tersebut dengan mengganti yang lama. Selanjutnya, jika sudah ganti dengan tampilan yang dibuat khusus maka tinggal menatanya agar lebih baik di mata mesin pencari, terutama Google. Ini karena jika blog dianggap baik maka ia akan diberi peringkat yang baik pula, paling tidak, walau tidak jadi peringkat 1, tapi bisa masuk halaman pertama.

Menghasilkan uang dari blog memang bukan hal yang menarik, tapi sama sekali tidak gampang dan bukan cara untuk cepat kaya -Sugeng.id-

Pada bagian ini mungkin perlu banyak orang tidak perlu membahas, padahal blog akan tampak profesional jika domain (alamat linknya) juga bagus. Pada awal dimulainya perubahan domain blogspot (misal: jihanmayzura.blogspot.com) menjadi .com (dot com).  Kenapa demikian?  Karena dengan melihat alamat blognya saja orang sudah bisa tahu itu dibuat dengan serius sehingga isi artikelnya juga paling tidak berbobot dan bisa dijadikan referensi, ini biasanya sudah bisa diputuskan oleh pengunjung saat mencari mesin pencari, akan diklik untuk dilihat atau tidak, disinilah blog .com.

Banyak yang belum tahu kalau ternyata blogspot gratisan bisa dirubah jadi .com dengan lokasi servernya yang tidak berubah, yaitu masih dipindahkan di blogspot, hanya saja domainnya sudah dirubah. Caranya cukup dengan situs yang menyediakan pembelian untuk domain, salah satunya adalah https://www.wildanfuady.com , klik websitenya lalu hubungi nomor kontak yang tertera,  bisa memilih ekstensi, seperti .net ,. info, .org, atau yang lainnya. Jika sudah, langsung pesan saja dengan mengikuti langkah-langkahnya sesuai yang tertera, tetapi jika tidak ingin meminta bantuan operatornya dengan cara chating langsung. Jika sudah, tinggal minta langsung ke admin untuk pindah ke blogspot, minta mereka masuk kata sandi blog dan domain.

Menambah Gadget / Widget Blog.

Untuk kepentingan tampilan saja mungkin kita akan menggunakan widget seperti Jam, gambar flash dan sebagainya, tapi untuk tujuan SEO perlu digunakan, lebih baik menggunakan widget yang baik untuk mesin pencari saja, seperti untuk Artikel Terpopuler dan Terbaru, Fanpage Facebook atau Twitter. Selain itu harus dikeluarkan juga karena akan dikeluarkan dari blog. Dan untuk mendapatkan semua widget tersebut sudah tersedia di blogspot. Caranya, pilih menu "Tata Letak" lalu tulisan biru "Tambahkan Widget"  klik dan selanjutnya tinggal pilih jenis widget blog yang mana yang akan digunakan.

Gadget / Widget yang dapat bermanfaat juga merugikan blog, contohnya widget yang bermanfaat untuk blog seperti Halaman penggemar yang dapat mendatangkan pengunjung, email yang dapat menghubungkan antara pemberi dan penulis melalui email, postingan populer yang bermanfaat untuk menambah pagevies dan dapat bermanfaat sebagai backlink blog, label yang dapat mempermudah indeks mesin pencari dan yang lain nya.

Sementara widget yang tidak berguna seperti widget flag counter, widget lagu, jam, kalender dan lain-lain yang perlu dipasang di blog karena selain memperberat pemuatan di blog, fungsi dari widget ini juga sangat penting bagi para pengunjung atau pengguna blog.



Memasang Artikel Terkait.

Artikel terkait bermanfaat untuk menarik perhatian pembaca blog agar mereka mau membaca artikel yang lain masih terkait dengan artikel sebelumnya. Artikel terkait juga digunakan oleh semua blogger guna meningkatkan tampilan halaman.

Menulis Artikel Yang SEO Friendly

Blog dengan tampilan yang menarik namun tidak bermanfaat maka tidak akan berguna dengan maksimal. Walau semua teknik di atas telah dilakukan tetapi artikel tidak dibuat SEO Friendly maka bisa dibilang sia-sia saja. SEO sendiri adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari yang mana mendukung dalam membuat artikel yang terindeks oleh mesin pencari. Setelah  Menulis Artikel Yang SEO Friendly  dengan baik, maka sudah dipastikan semua teknik untuk membuat blog yang menarik sudah dilakukan. Dan jika ini dilakukan maka pengunjung blog juga pasti akan terus naik. 


 Menambah Menu Blog.

Menu blog dapat membuat blog menjadi lebih menarik dan unik karena menu yang lebih disukai di bawah atau di atas tajuk berguna untuk memudahkan pembaca blog bereksplorasi lebih jauh di blog tersebut.

Merubah Nama Domain Yang Ramah SEO

Memilih domain yang Ramah SEO di sini tentang kata kunci, misal, membuat blog, soal email, butuh butuh saat membeli domain, memilih minimal yang ada kata Email-nya walau tidak semua kata kunci yang disertakan, misal emailbaru.com. Jadi jika kita mau lebih sempurna lagi maka kita cari nama yang lebih bagus, minimal dua kata dan kata-katanya sudah biasa.

 Menata Warna dan Style

Terakhir untuk cara agar blog jadi menarik, mulai dari sisi, sisi bilah, gambar, dan semua warna yang ada di templat untuk pengguna blogger untuk selanjutnya dirubah ukurannya sesuai jenisnya. Intinya di sini seorang pemilik blog akan mencari tempat dari kode yang akan dirubah, namanya “Inspect Element”, yaitu melakukan inspeksi pada elemen dari penataan sebuah blog yang dengan kita dapat melakukan beberapa perubahan sesuai yang diinginkan.

Jika ditelusuri, untuk membuat blog yang menarik di luar dan dalam memanglah mengundang proses yang tidak menarik karena blog yang menarik harus menyediakan Tunjangan untuk pembaca blog sehingga memudahkan selain akan menarik juga.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.



Related Posts

6 komentar

  1. Sy tertarik membuat artikel yg SEO friendly, bgmn caranya ya?

    BalasHapus
  2. Wah..mantep..rapih tulisannya...

    BalasHapus
  3. Nice article, Mbak.
    Menurut saya, mungkin akan lebih efektif bila kalimatnya dibuat tidak terlalu panjang. Akan lebih jelas juga kalau bagian tertentu (e.g.: widget, inspect element) disertai gambar. Sebab, pembaca awam mungkin belum terlalu paham bagaimana bentuknya.

    Keep writing. ❤

    BalasHapus
  4. Han.blog aku udah lama ngendep, bisa dong yah bantuin updated wkwkwkw

    BalasHapus
  5. Tulisannya bermanfaat dan rapi ya kaak 😍

    BalasHapus

Posting Komentar